Tuesday, July 18, 2017

PROGRAM PENJUALAN BIOSKOP V.02

Contoh Program penjualan tiket bioskop menggunakan java NeatBean

Setelah dalam penyelesaian tugas Uts kemarin saya telah berhasil membuat sebuah program penjualan tiket bioskop sederhana V.01 dengan beberapa menu "variable" yang terbilang sangat sederhana untuk hasil program serta source kode program versi.01 😉 bisa dilihat pada link dibawah ini
⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊⇊
Contoh Program penjualan tiket bioskop menggunakan java NeatBean versi.01  

Selanjutnya dalam tugas UAS kali ini saya juga membuat program yang sama dengan program penjualan tiket bioskop dimateri Uts hanya saja dalam tugas kali ini saya sedikit melakukan sebuah modif dan menambahan beberapa fitur didalam program penjualannya sedikit upgrade dalam program penjualan Versi.02 ini saya menambahkan Variable bonus dan diskon 

Berikut contoh program aplikasi penjualan tiket bioskop versi.02 yang telah sukses dijalankan
http://javaone45.blogspot.co.id/2017/06/program-java-penjualan-tiket-bioskop.html
Screen shoot contoh program aplikasi penjualan tiket bioskop

Gambar Flowchart Program



Berikut beberapa definisi penjelasan operasi program penjualan tiket bioskop diatas:
Judul ⇨ "Tiket Bioskop Eresha"
No.Kursi ⇨ Memilih manual Nomor kusi " masih dalam pengembangan"
Jenis Tiket ⇨ Melakukan pemilihan jenis tiket

  • Reguler
  • XD Ultra
  • Ultra
  • Gold
  • Member
Jumlah beli ⇨ Menginput jumlah beli tiket
Proses ⇨ Melakukan Eksekusi data pembelian
Cancel ⇨ Melakukan penghapusan data apabila inpitan data salah atau tidak sesuai
Total Harga Normal ⇨ Menampilkan "Total Harga Normal "Tiket yang dibeli
*Discount 10% ⇨ Mendapat discount 10%  jika Syarat terpenuhi
Bayar ⇨ Bottom eksekusi penjualan akhir
Total Harga + Discount ⇨ Menampilkan jumlah bayar sesudah medapat/tidak mendapatkan discount

Berikutnya melakukan design frame penjualan tiket bioskop " Untuk tutorial membuat design Frame selengkapnya bisa dipelajari pada Link tersedia dibawah ini:

Frame & Design Frame

Buat Frame penjualan tiket bioskop seperti pada gambar dibawah ini:

Frame java neatbean - JavaOne45.blogspot.co.id
Design Frame penjualan tiket penjualan bioskop 

Berikutnya Variable yang diimplementasikan kedalam program penjualan tiket

Variable

NoKursi ⇨ Variable input posisi kursi
Reguler ⇨ Jenis Tiket yang tersedia
XDUltra ⇨ Jenis Tiket yang tersedia
Ultra ⇨ Jenis Tiket yang tersedia
Gold ⇨ Jenis Tiket yang tersedia
Member ⇨ Jenis Tiket yang tersedia
Free ⇨ Variable Bonus masing-masing tiket
HargaSatuan ⇨ Menampilkan Harga Satuan Tiket
Bonus ⇨ Menampilkan bonus yang diperoleh
JumlahBeli ⇨ Menampilkan input data jumlah beli tiket
Proses ⇨ Variable Eksekusi
Cancel ⇨ Variable clear data
Discount ⇨ Menampilkan jumlah discount 10% yang diperoleh dalam paket tiket
Bayar ⇨ Bottom eksekusi untuk menampilkan jumlah bayar setelah mendapat/tidak mendapat discount
TotalBayar ⇨ Variable untuk menampilkan total bayar tiket setelah mendapat/tidak mendapat discount

Langkah selanjutnya tinggal membuat dan meng-implementasikan source code pada masing-masing variable yang telah dibuat:

Source Code Program Penjualan Tiket Bioskop V.02


Source code Pilihan Tiket
⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘


    private void goldActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                  
        // TODO add your handling code here:
       HargaSatuan.setText("100000");
        Free.setText("Pop Cround + Coffe + Sticker Film");
    }                                  

    private void ultraActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        HargaSatuan.setText("60000");
        Free.setText("Sticker Film");
    }                                  

    private void xdultraActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        HargaSatuan.setText("70000");
        Free.setText("Sticker Film");
    }                                    

    private void RegulerActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        HargaSatuan.setText("50000");
        Free.setText("Sticker Film");
    }

    private void MamberActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        HargaSatuan.setText("45000");
        Free.setText("Pop Cround + Sticker Film");
    }



Selanjutnya menambah source code pada Bottom Proses
⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘


    private void ProsesActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        float a = Integer.parseInt(HargaSatuan.getText());
        float b = Integer.parseInt(Jumlahbeli.getText());
        float hasilnya= a*b ;
        TotalHarga.setText(""+hasilnya);

        //Perulangan diskon
        float Dis1b* ((a*10)/100);
        if (b >=4){
            Discount.setText("*Discuont :Rp. " +Dis1);
        }
        else if (b <=3){
            Discount.setText("*Anda tidak mendapat discuont");
        }
        //
    }    



Selanjutnya menambah source code pada Bottom Bayar
⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘⇘


    private void BayarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        float a = Integer.parseInt(HargaSatuan.getText());
        float b = Integer.parseInt(Jumlahbeli.getText());
        float hasilnyaa*b ;
        TotalHarga.setText(""+hasilnya);
        //
        float  Dis2 hasilnya -((hasilnya*10)/100);
        if (b >=4){
            TotalBayar.setText("Rp. " +Dis2);
        }
        else if (b<=3){
            TotalBayar.setText("Rp. "+hasilnya);
        }
        //
    }        



Setelah semua source code diimplementasikan pada variable yang telah ditentukan diatas maka langkah terakhir dari proses pembuatan program adalah Run File /F6 sehingga akan menampilkan hasil seperti pada gambar dibawah ini:

Hasil akhir program penjualan tiket bioskop v.02

Selamat mencoba..


EmoticonEmoticon